Tentang MPP Bale Madukara Kabupaten Purwakarta


13 Aug 2019, 17:07 Harry Ridwan Dibaca : 3,167


MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP)

Mal Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut MPP adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah/swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman. 

MPP bertujuan : 

  1. memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan; dan
  2. meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia.

MPP dilaksanakan dengan prinsip:

  1. keterpaduan;
  2. berdaya guna;
  3. koordinasi;
  4. akuntabilitas;
  5. aksesibilitas; dan
  6. kenyamanan.

FILOSOFI "BALE MADUKARA"

Dalam dunia pewayangan, Madukara adalah nama Ksatrian tempat tinggalnya Arjuna yang merupakan salah satu tokoh ksatria Pandawa dalam wiracarita Mahabarata. Arjuna digambarkan sebagai sosok yang menarik, lemah lembut budi pekertinya dan memiliki sifat cerdik, pandai, teliti, sopan santun, berani dan suka melindungi yang lemah.  Diharapkan karakter tersebut dapat terwujud dalam pelayanan publik di Bale Madukara (Mal Pelayanan Publik Kabupaten Purwakarta) sehingga keberadaannya mampu memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

Bale Madukara merupakan perpaduan dari kata Bale ( bermakna bangunan gedung ) dan Madukara ( akronim dari Manajemen Pelayanan Terpadu Purwakarta Istimewa).

Jadi Bale Madukara merupakan bangunan gedung tempat terselenggaranya pelayanan publik terpadu dan terintegrasi guna mewujudkan Purwakarta Istimewa.

MOTTO PELAYANAN

"PELAYANAN KSATRIA"

Kolaborasi, Satu Pintu, Rekreatif, Inovatif dan Amanah )