SERTIFIKAT LAIK SEHAT DEPOT AIR MINUM (DAM)

Penerbitan Sertifikat Laik Sehat Depot Air Minum
  • Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  • Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
  • Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum;
  • Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan
  1. Fotocopy KTP pemohon yang berlaku
  2. Pas Foto ukuran 3x4 = 2 lembar
  3. Peta situasi dan gambar denah bangunan
  4. Rekomendasi dari Asosiasi Depot Air Minum/Puskesmas Setempat
  5. Sertifikat penyuluhan keamanan pangan pengelola depot 
  6. Hasil laboratorium pemeriksaan sampel air
  7. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  8. Surat Keterangan Domisili
  1. Pemohon  mengunjungi   Gedung  MPP Madukara lantai 2 Counter Dinas Kesehatan dan mengisi  formulir permohonan DAM.
  2. Pemohon melengkapi persyaratan, apabila persyaratan sudah lengkap maka berkas diserahkan ke Counter Dinas Kesehatan di Gedung MPP Madukara.
  3. Petugas Counter Dinas Kesehatan di Gedung MPP Madukara menerima  berkas  dan  menyerahkan ke Bagian Kesehatan Lingkungan, Bidang Kesehatan Masyarakat  Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta.
  4. Bagian Kesehatan Lingkungan  menghubungi pemohon untuk menentukan waktu survey (inspeksi Kesehatan lingkungan ) dan pengambilan sample air minum.
  5. Bagian Kesehatan Lingkungan berkoordinasi dengan Bidang Sumber Daya Kesehatan, Laborarium Kesehatan Daerah dan petugas Puskesmas wilayah kerja DAM untuk Pelaksanaan Survey.
  6. Setelah survey, hasil dtunggu  ± 14 hari kerja untuk hasil  uji laboratorium.
  7. Apabila hasil uji laboratorium memenuhi syarat maka di terbitkan  sertifikat laik sehat, apabila tidak memenuhi syarat maka dilaksanakan Uji Ulang kualitas Air Minum.
  8.  Petugas memberitahu pemohon   bahwa sertifikat telah selesai.
  9. Pemohon mengambil Sertifikat  di Gedung  MPP Madukara lantai 2 Counter Dinas Kesehatan.
  10. Selanjutnya Pemohon  menginput data  pada System OSS.
  11. PTSP menerbitkan Ijin usaha DAM.
  1. Kurang lebih 30 hari kerja ( dengan catatan setelah survey dan diambil sample air minum dan hasil memenuhi syarat Kesehatan).
  2. Kurang lebih 2-3 bulan apabila hasil uji lab belum memenuhi syarat dan pemohon bersedia untuk melakukan uji ulang pemeriksaan air minum.
Biaya tarif mengacu pada  Perda Labkesda mengenai tarif uji laboratorium
Perda Nomor 110 Tahun 2020 Tentang Biaya Tarif Uji Laboratorium Labkesda Kabupaten Purwakarta.
Sertifikat Laik Sehat Depot Air Minum